You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

RSS

Penanganan Terkena Knalpot Panas

Kejadian kena knalpot saat mesin menyala atau knalpot sedang panas tentunya sering terjadi. daerah yang biasanya terkena adalah bagian kaki.. Ketika terkena knalpot akan menimbulkan luka bakar pada daerah kulit yang terkena.
Berdasarkan kedalaman luka kulit yang terkena knalpot sama dengan luka bakar, dan dapat kita bagi menjadi 3 :

Derajat 1
Daerah kulit yang terkena panas knalpot hanya bagian luar dari kulit (epidermis). Kulit nampak kemerahan yang disertai rasa nyeri, dan tidak melepuh (bula). Tanpa penanganan pun biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-5 hari dan biasanya tidak menimbulkan bekas.

Derajat 2
Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan lebih dalam dari derajat satu yaitu mengenai lapisan kulit epidermis dan dermis. LUka berwarna kemerahan dan tampak pucat disertai kulit melepuh (Bula). Nyeri yang di timbulkan juga lebih sakit dibandingkan derajat satu.

Derajat 3
Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan sangat dalam. mulai dermis epidermis dan subkutis mengalami kerusakan. daerah yang terkena sudah tidak melepuh lagi tetapi mengelupas. dan nyeri yang di timbulkan malahan tidak seberapa karena sel sel syaraf mengalami kerusakan.

Penanganan luka terkena knalpot ;

Jangan Panik dan tetap tenang
Secepat mungkin menyiram air dingin pada daerah yang terkena knalpot. Hal ini akan mengurangi nyeri dan mencegah meluasnya area kulit yang rusak seperti pernah di bahas sebelumnya pada Penanganan Pertama Terkena Air Panas
Bila kulit yang terkena mengalami kerusakan derajat dua. usahakan lepuhan kulit jangan sampai pecah. bila sudah terlanjur pecah berikan obat untuk mencegah infeksi dan tutup luka dengan kasa steril. Obat yang digunakan sepert Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle® dan yang lainnya
Bila kerusakan kulit pada derajat tiga segera tutup dengan kasa steril kemudian bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat
Sedangkan hal hal yang harus di hindari saat terkena knalpot :
Menggunakan air es / air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang terkena knalpot, karena malah bisa merusak jaringan.
Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena bahan bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi
Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.
Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS