You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

RSS

Biang Keringat Pada Bayi


Biang keringat dalam ilmu kesehatan disebut dengan istilah miliaria. Awam sering menyebutnya keringat buntet atau prickle heat. Merupakan kelainan kulit yang sering ditemukan pada bayi dan balita, kadang orang dewasa. Gangguan kesehatan kulit ini disebabkan produksi keringat yang berlebihan, disertai sumbatan pada saluran kelenjar keringat. Biasanya anggota badan yang diserang adalah dahi, leher, kepaladadapunggung, atau tempat-tempat tertutup yang mengalami gesekan dengan pakaian.
Keluhan yang timbul biasanya berupa rasa gatal seperti ditusuk-tusuk, kulit kemerahan dan disertai gelembung-gelembung kecil berisi cairan jernih seperti kristal bening (1-2 mm). Gelembung bisa tersebar di seluruh permukaan kulit atau berkelompok pada bagian tertentu saja.
Penyebab Biang Keringat Pada Bayi
  1. Udara yang panas dan lembab pada ruangan dengan ventilasi kurang baik.
  2. Memakai pakaian yang terlalu tebal dan ketat. Tekanan dan gesekan pakaian berpengaruh meningkatkan suhu tubuh.
  3. Aktivitas yang berlebihan pada anak kecil, misalnya ketika sedang bermain.
  4. Badan panas atau demam.
Pencegahan Biang Keringat Pada Bayi
Untuk menjaga kesehatan kulit bayi agar terhindar dari biang keringat, dapat dilakukan dengan tindakan perawatan sebagai berikut:
  1. Mandikan bayi secara teratur 2 kali sehari.
  2. Bila berkeringat, seka tubuh bayi sesering mungkin dengan handuk, lap kering, atau waslap basah. Jika dengan waslap basah, sesudahnya keringkan dengan handuk lembut. Setelah itu, lipatan-lipatan tubuhnya boleh ditaburi bedak bayi tipis-tipis. Lebih baik jika bedak khusus untuk biang keringat.
  3. Hindari pemakaian bedak berulang-ulang tanpa mengeringkan keringat terlebih dahulu karena dapat memperparah penyumbatan dan memudahkan terjadinya infeksi bakteri atau jamur.
  4. Sebaiknya kenakan pakaian katun untuk anak-anak. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang masih panas.
Penanggulangan Biang Keringat Pada Bayi
  1. Pada pripsipnya, perawatan biang keringat tak perlu pengobatan khusus. Cukup dengan merawat kulit bayi secara benar dan bersih.
  2. Bila biang keringat berupa gelembung kecil tanpa kemerahan pada kulit, kering, dan tanpa keluhan, bayi cukup diberi bedak tabur/bedak kocok segera setelah mandi.
  3. Jika biang keringat menjadi luka yang basah, jangan dibedaki karena akan timbul gumpalan-gumpalan yang memperparah sumbatan kelenjar keringat dan menjadi sarang kuman yang dapat menyebabkan infeksi. - Untuk keluhan yang parah, gatal, pedih, luka atau lecet, rewel dan sulit tidur, segera bawa ke dokter.
  4. Bila timbul bisul, jangan dipijit karena kuman akan menyebar dan meluas ke permukaan kulit lainnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS